13 Maret 2009

Rewelnya USB Driver Samsung SGH-i550W

PC Studio yang biasanya digunakan HP Samsung ternyata punya masalah klasik dengan PC Suite milik Nokia, keduanya konflik, tidak bisa hidup berdampingan. Solusi terbaiknya adalah salah satunya harus ada yg mengalah utk di-uninstall.

Suatu hari saya coba untuk menghubungkan Samsung SGH-i550W dengan Laptop dan ternyata baik windows XP dan Vista sama-sama tidak bisa me-load driver CD yang ikut ter-bundle dengan SGH-i550W tersebut.

Hasil instalasi CD Bawaan tersebut adalah dua buah Folder di C:\Program Files\Samsung\ yaitu:
  • PC DLC Driver
  • Samsung PC Studio 7
Akhirnya saya konsul dengan Google namun pada akhirnya ia pun mengarahkan ke situs ofisial Samsung (Download Center dan id.samsungmobile.com). Hasil download dari keduanya tetap saja mengambang. Selidik punya selidik, Pusat Servis Samsung mengakui kalau CD Driver bawaan tersebut tidak lengkap dan saya pun diberi copy driver lainnya yang isinya:
  • PDA_Driver
  • PHONE_Driver
Kedua Folder "baru" itu ternyata biasa digunakan pula oleh komunitas flasher untuk unlock dan reset HP Samsung. Klo begitu wajar saja bila saat pertama Google tidak mengarahkan pencariannya ke kedua folder tersebut karena keyword yg saya gunakan adalah "USB Driver SGH-i550W"

Caranya kedua folder "baru" tersebut cukup di-copykan saja ke:

C:\Program Files\Samsung

Hasilnya ternyata tetap saja tidak bisa! hampir saja saya curiga dengan kabel USB bawaannya yang malfungsi, tetapi ketika saya kembali lagi ke pusat servis Samsung, teknisi di sana memperlihatkan langsung bahwa HP SGH-i550W dan Kabel USBnya tidaklah bermasalah.

Untungnya saya bawa laptop sebagaimana dugaan saya sebelumnya, dan teknisi Samsung mengalihkan perhatiannya pada kondisi laptop saya karena ketika semua driver bawaan dan yang "baru" dicoba dites di 6 komputer Samsung ternyata bisa berjalan baik.

Saya pun pulang dengan satu kesimpulan sama dengan teknisi tersebut, Laptop saya yang bermasalah!

Tapi ada satu ganjalan "aneh" yang justru dari situlah jawabannya bermula. Port USB laptop saya tetap berjalan baik ketika disambung printer, USB flash, HDD eksternal. Jadi saya pun mulai mengubah haluan! bukan port USB-nya yang error!

Akhirnya saya mulai curiga dengan tidak sempurnanya proses Uninstaller PC Suite Nokia hingga jejak-jejak masih ada di Registry Windows. Akhirnya saya tidak lagi berkutat di Samsung melainkan uber-uberan di situs Nokia.

Kecurigaan semakin jelas ketika saya menemukan kalau Nokia Eropa mengeluarkan "Nokia PC Suite Extras" dan di situ ada Nokia PC Suite Cleaner yang berarti memang jelas kalau proses uninstalasi PC Suite Nokia itu tidak sempurna! Bagaimanapun juga saya salut atas Nokia yang profesional mengeluarkan tools pembersih ini sekalipun saya dapatkan jauh di Eropa sana!

Hasilnya ternyata menakjubkan, hasil kerja PC Suite Cleaner memperlihatkan temuannya:
- Nokia PC Suite registry entries: 8
- Nokia PC Suite setting files: 2
- PC Connectivity Solution setting files: 2
- Nokia Connectivity Cable Driver registry entries: 2
- Nokia Connectivity Cable Driver Ready: 1

Itu semua belum termasuk itungan per file-nya yang dihapus yang mencapai lebih dari seratus...

Download Nokia PC Suite Cleaner di sini: http://europe.nokia.com/get-support-and-software/download-software/nokia-pc-suite/extras/nokia-pc-suite-cleaner

Setelah restart dan yakin telah benar-benar "suci", saya pun coba install kan PC Studio dan copy dua folder "baru" tersebut. Hasilnya akhirnya SGH-i550W baru bisa tersambung dengan sempurna.

Bila masih juga bermasalah cobalah:
  • Uninstall lagi PC Studio dan lain-lainnya di Control Panel-Add Remove Program (pokoknya yg ada namanya Samsung di-remove aja)
  • Hapus secara manual folder Samsung di C:\Program Files\
  • Kemudian Restart
  • Coba install lagi PC Studio nya dan sebelum di restart lagi, copy kan dulu dua folder update di C:\Program Files\Samsung\ baru setelah itu di-restart aja.
  • PC Studio jgn diaktifkan dulu klo bisa iconnya di tray di exit atau close kan dulu.
  • Sambungkan kabel USB nya ke Laptop biar Windows lebih dulu menyempurnakan loading drivernya lalu klo perlu restart lagi.
  • Setelah itu baru aktifkan PC Studionya...

Bila masih juga bermasalah kemungkinan terbesarnya:
  1. Periksakan Kabel USB nya siapa tahu cacat dengan mencoba kabel USB lainnya yang serupa.
  2. Bisa jadi drivernya bermasalah, cobalah untuk download ulang PC Studio 7 atau higher version di http://id.samsungmobile.com atau di http://www.samsung.com/id/support/download/supportDownMain.do kalau untuk driver updatenya bila tidak bisa didapatkan dari situs Samsung langsung cobalah di sini:
http://www.ziddu.com/download/3786323/SGH_i550_USBDriver_Update_XPVista.zip.html

Tetapi bila masih juga: cobalah ke Samsung Service Center hehehe jangan ke HP Second Center!
Jadi bagi yang bermigrasi dari Nokia ke Samsung masih beruntung punya Nokia PC Suite Cleaner, tetapi bagaimana dengan Samsung ke Nokia? apakah Samsung menyediakan pula tools pembersih total PC Studionya dari registry Windows?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar